Friday, August 26, 2005

"BANGSAL 13" DIBUAT VERSI NOVEL
02 Februari 2005, Jakarta-RRI-Online

Kembali sebuah film nasional dibuat dalam bentuk novel. Kisah film produksi Rexinema, Bangsal 13, kini sudah bisa dibaca dalam sebuah novel yang ditulis oleh F.X. Rudy Gunawan.
Nama Rudy sendiri memang sudah tak asing lagi mengadaptasi skrip film ke dalam bentuk novel. Sebelumnya Rudy menovelkan film Tusuk Jelangkung yang juga diproduksi Rexinema.
Ada sedikit yang berbeda dengan filmnya, dalam novel Bangsal 13 ini, Rudy banyak memberikan sentuhan lain. Dia lebih memadatkan isinya dengan memberikan banyak penjelasan mengenai latar belakang para tokoh utamanya, yaitu Nat (Edhita) dan Mina (Luna Maya).
"Memang, dalam novel ini penokohan mereka memang lebih jelas. Siapa Nat dan siapa Mina lebih panjang lebar dibeberkan. Siapa itu Suster Frida juga bisa diketahui lebih lanjut. Tetapi korban tabrakan yang bernama Fitri itu tetap tidak diekspos," tutur Rudy.
Bukan hanya itu, Rudy juga mengekspos soal pamali (red-pantangan) yang diangkat dalam filmnya sendiri. Jika film Bangsal 13 mengetengahkan tentang pamali mengetuk pintu dari dalam, maka dalam novelnya, Rudy memberikan banyak contoh lain.
Novel Bangsal 13 ini diterbitkan dalam jumlah 7000 eksemplar dan dijual dengan harga 25 ribu rupiah per eksemplarnya. Kini novel tersebut sudah beredar di pasaran.